foto berita

SELAMAT HARI WAYANG NASIONAL 7 NOVEMBER 2022

Latar belakang penetapan Hari Wayang Nasional 7 November adalah berdasarkan keputusan UNESCO yang menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. Wayang kemudian masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang puppet theater tertanggal 4 November 2008.

Wayang memiliki makna sebagai refleksi kehidupan. Nilai-nilai intangible wayang seperti memayu-hayu bawana (membuat tatanan dunia yang damai), jiwa ksatria, budi luhur, kesempurnaan hidup, harmoni adalah falsafah Timur yang bisa dikaji untuk memperkaya falsafah Barat.

Hari Wayang Nasional adalah momentum puncak kesadaran, persatuan, kecintaan masyarakat Indonesia dalam melestarikan, mengembangkan dan mengkaji wayang dalam rangka untuk mewujudkan kebudayaan nasional yang dinamis dan modern.
Penetapan Hari Wayang Nasional 7 November diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk meningkatkan apresiasi terhadap wayang sebagai aset budaya nasional sekaligus menjadi sarana untuk pembentukan jati diri dan karakter bangsa.

Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Pinrang mengucapkan :
SELAMAT HARI WAYANG NASIONAL 7 NOVEMBER 2022
"Wayang sudah menjadi identitas bangsa yang mengandung pelajaran dan simbol bagi nilai hidup, Mari lestarikan budaya wayang Indonesia."