foto berita

Kegiatan Surveillance Audit ISO 9001:2015 Pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pinrang

Kegiatan Surveillance Audit ISO 9001:2015 dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 25-26 April 2024 di Ruang Konsultasi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Pinrang oleh auditor Bapak Ikhsan Nurdin dari URS (United Registrar Of System Certification).

Dihari pertama audit tanggal 25 April 2024 adalah Top Management (Kepala Dinas), Sekretariat, Bidang Pengembangan Iklim dan Promosi serta Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi. Dilanjutkan di hari kedua tanggal 26 April 2024 untuk Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Bidang Pengaduan, Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal.

Audit dilaksanakan dengan metode wawancara tiap bidang dan penunjukan data atau dokumen yang diminta oleh auditor sebagai bukti kegiatan yang telah dilaksanakan.

Perlu diketahui bahwa tujuan utama sertifikasi ISO adalah untuk menunjukkan upaya peningkatan berkelanjutan pada produk atau jasa melalui proses perbaikan terhadap sistem manajemen Organisasi. Tujuan utama dari ISO 9001 adalah meningkatkan efektivitas manajemen mutu dengan pendekatan berbasis proses (process-based approach) untuk mencapai Continuous Improvement atau perbaikan berkelanjutan. Sehingga, bisnis dapat mengurangi tingkat kesalahan secara menyeluruh, menekan biaya proses, dan mencapai hasil akhir produk, kualitas, serta kinerja yang diinginkan.