Berita Terkini DPMPTSP Pinrang

DPMPTSP KABUPATEN PINRANG LUNCURKAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK (TTE)

Update 2020-01-24


PINRANG (12/12/2019) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu meluncurkan Tanda Tangan Elektronik (TTE), Kamis 12 Desember 2019 tepat pukul 12.12 WITA. Digitalisasi birokrasi ini merupakan salah satu upaya membangun pelayanan yang cepat, mudah, efektif, efisien dan akuntabel. menuju e- government. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pinrang yang dihadiri oleh programmer dari CV. Celebes Tech Solution dan seluruh staf DPMPTSP Kabupaten Pinrang.

Kepala Dinas PMPTSP Andi Mirani menyampaikan bahwa pengembangan TTE sebagai sertifikasi elektronik ini akan digunakan pada dokumen elektronik PTSP Kabupaten Pinrang. TTE adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan dan terkait dengan informasi elektronik lainnya. tanda tangan elektronik berfungsi sebagai alat untuk verifikasi dan autentifikasi atas identitas penandatanganan, sekaligus untuk menjamin kerahasiaan (confidentiality), keutuhan data (integrity), keaslian (authentication), dan ketidakterbantahan (nonrepudiation) dari sebuah dokumen. Artinya, secara hukum positif, siapapun yang diberi kewenangan untuk menandatangani secara elektronik terhadap sebuah dokumen elektronik, sama artinya dengan menunjukkan persetujuan penandatanganan atas informasi atau dokumen elektronik yang ditandatanganinya, sekaligus menjamin kebenaran isi yang tercantum dalam tulisan tersebut.

Penggunaan TTE dapat mempermudah sistem administrasi perizinan karena dokumen yang telah tersertifikasi secara elektronik, dengan TTE dapat diakses secara lebih cepat, mudah, kapan saja, dan dimana saja.

”Selain itu, penerapan TTE dapat menghemat ruang penyimpanan karena dokumen dapat disimpan secara elektronik dalam awan komputasi (cloud computing). Serta menghemat biaya/anggaran untuk ATK, dan penggandaan,” jelas Andi Mirani.

Ditambahkannya, TTE memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan manual sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2008 tentang Tanda Tangan Elektronik yang telah diperbarui dengan UU nomor 9 tahun 2015 dan Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE).



Berita Lainnya

Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

SOSIALISASI KEBIJAKAN PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KECAMATAN DUAMPANUA DAN KECAMATAN LEMBANG

Update 2019-10-17

Pinrang (15/10/2019), Sosialisasi kebijakan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dinas Penanaman Modal dan PTSP diselenggarakan di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Lembang dan Duampanua, kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku usaha, tokoh masyarakat dan pemerintah setempat. Sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala Dinas PMPTSP Andi Mirani didampingi Kabid Pengaduan Pengendalian dan Pelaksanaan PM Muhammad Safri beserta stafnya.

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

KEGIATAN KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SELURUH PERSONIL DPMPTSP KABUPATEN PINRANG

Update 2019-10-16

Pinrang (11/10/2019), Kegiatan kursus Bahasa Inggris dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk pertemuan kedua dilaksanakan di ruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang diikuti oleh seluruh personil Dinas PMPTSP mulai Kepala Dinas hingga staf diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini.

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

DPMPTSP MENERIMA KUNJUNGAN KERJA DARI INSPEKTORAT DAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN WAJO

Update 2019-10-07

Pinrang (4/10/2019), DPMPTSP Menerima kunjungan kerja dari Inspektorat dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wajo diruang rapat DPMPTSP Kabupaten Pinrang, Rombongan terdiri atas 12 duabelas) orang dan disambut hangat oleh Kepala Dinas Andi Mirani dan para Kepala Bidang. Dalam sambutannya Kepala Dinas mengucapkan terimakasih atas kehadirannya dan menerima dengan baik sekiranya ada yang ingin dishare atau ada masukan yang sifatnya membangun untuk memaksimalkan pelayanan,

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SELURUH PERSONIL DPMPTSP KABUPATEN PINRANG

Update 2019-10-04

Pinrang, (4/10/2019), Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan kualitas pelayanan, tahun ini digelar kembali kursus bahasa inggris untuk seluruh personil DPMPTSP Kabupaten Pinrang, setelah ditahun sebelumnya kegiatan ini sudah pernah dilakukan. Dengan bekerjasama dengan Fantastic English Course sebagai pengajar dalam kegiatan kursus ini diharapkan dapat menambahkan pengetahuan masing-masing personil dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris yang dapat diterapkan dalam berkomunikasi dengan investor asing.

Baca Selengkapnya

Contact Us

Kompleks Pusat Layanan Publik
Jl. Jend Sukawati No. 40 Pinrang, Sulawesi Selatan, Indonesia
P: 081 356 442 244

Or follow us on social platform

Copyright © 2020 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Pinrang