Berita Terkini DPMPTSP Pinrang

PINRANG INVESTMENT FORUM DI GELAR DI JAKARTA

Update 2019-12-18


JAKARTA (7/11/2019), Pinrang Investment Forum (PIF) 2019 yang digelar di Red Top Conventional Hotel, Jakarta Pusat.dengan mengusung tema Come Invest in Pinrang atau Collaborative Development Through Investment in Pinrang yang bertujuan memberikan berbagai informasi strategis kepada para investor, baik lokal maupun asing mengenai peluang-peluang investasi yang dapat dilakukan di Pinrang.

Forum ini dihadiri oleh Bupati Pinrang, Kementerian/Lembaga, Instansi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan/Kabupaten Pinrang, dan pelaku usaha baik dalam negeri maupun asing.diantaranya utusan dari Ditjen Perikanan Tangkap KKP RI, Ditjen Perikanan Budidaya KPP RI, Ditjen Peningkatan Daya Saing KKP, Deputi Bidang Promosi Investasi BKPM, Badan Karantina Pertanian Kementan RI, Direktorat Jasa Kelautan Ditjen PRL KKP, Direktorat Fasilitasi Promosi Investasi Daerah BKPN RI hingga KADIN Lalu nampak pula Perhimpunan Pengusaha Pariwisata Indonesia, HIPMI Pusat, pengusaha KAHMI, PT. Agung Podomoro, Property Indo Graha, Synergy Consulting, Infrastructure and Financial Advisory, BPP KKSS, APINDO, PHRI, PT. Panca Bahari Sejahtera, PT. Mutia Agretama, Principal Marusu Otopart, PT. Dafal Plaser Logistik serta BPP Kerukunan Keluarga PinrangPusat Tak ketinggalan PT. Katiga Nusantara, PT. Artha Moras Indonesia, Koperasi Pusat Perikanan Indonesia (PUSPERINDO), PT. Rahmat Utama Mulia, CSR Coordination Unit PT. Medco Energy Int. Tbk, PT. Dian Cipta Perkasa, PT. Dian Cipta Pharmarindo hingga PT. Woying.

Acara berlangsung selama setengah hari dan dibuka dengan resmi oleh Bupati Pinrang H. Irwan Hamid, S. Sos sekaligus berbagi informasi terkait kebijakan, implementasi dan dampak investasi dalam lima tahun terakhir. Dan sebagai narasumber PIF saat ini adalah Saribua Siahaan, dari Direktorat Fasilitas Promosi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

Mengapa Jakarta?

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Andi Mirani juga nampak ceria. Dia menyatakan bahwa secara sederhana, tujuan PIF ini adalah untuk mempromosikan potensi dan peluang berinvestasi di Pinrang. dan menyebarluaskan ragam potensi di Kabupaten Pinrang yang akan menjadi subyek usaha, serta memberikan gambaran kebijakan dan program yang akan meningkatkan iklim investasi dan mempercepat investasi di Kabupaten Pinrang.

“Telah ada PP tentang investasi nomor 24/2019 dari Pemerintah tetapi kami di Pinrang sebenarnya telah menerapkan sejak tahun 2014 apa yang disebut PAKSi, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, satu kemudahan untuk menanamkan modal di Pinrang. Tahun ini, kami tidak tinggal diam tetapi langsung kebut untuk bisa lebih maksimal dampaknya,” katanya. “Kami ke Jakarta untuk menjemput calon investor. Jika selama ini kita membebani calon investor dengan memintanya datang ke Pinrang atau ke Makassar, kali ini kami yang harus jemput bola. Bupati hadir, bukti kesungguhan kami,” imbuhnya.

Menurutnya, agenda PIF 2019 merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah Kabupaten Pinrang di bawah kepempimpinan Bupati Irwan Hamid yang sangat antusias membangun Pinrang dengan menggalakkan investasi bukan hanya menyasar PMDN tetapi juga PMA. “Kami bertanggungjawab memfasilitasi investi sehat, mudah, aman dan menguntungkan adalah komitmen kami,” katanya lagi.

“Lima fokus program Bapak Presiden seperti aspek penguatan SDM, kemudahan regulasi, pembangunan infrastruktur, pemangkasan birokrasi hingga transformasi ekonomi sangat relevan dengan kebijakan Pemerintah Pinrang,” sebut Mirani.

Menurutnya, investasi di Pinrang akan mudah sebab ada paket kebijakan investasi (PAKSI) yang menjawab permasalahan investasi daerah dan perizinan, utamanya dalam hal kemudahan dan kepastian.

“PAKSI telah mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dan masyarakat internasional sebagai salah satu program inovasi terbaik dalam bidang pelayanan perizinan dan investasi,” lanjutnya.

“Paket kebijakan plus untuk iklim investasi ini meliputi paket investasi kebijakan (PAKSI), Gerai Perizin (RAJIN) dan Sistem Informasi dan Aplikasi Perizinan Berbasis OSS (SIAP BOSS). Tujuannya untuk meningkatkan realisasi investasi daerah, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan daya tarik serta minat investor untuk berinvestasi di Pinrang,” urainya.

Sementara itu, Irwan Hamid dalam sambutannya menyatakan bahwa pihaknya punya komitmen kuat untuk memberikan informasi peluang investasi yang benar dan tepat serta menjadi mitra investasi sejak awal. “Forum ini sebagai wujud komitmen kita untuk proaktif dalam mempromosikan potensi daerah, mencoba berinteraksi dengan calon investor, berkolaborasi serta berkoordinasi untuk menanamkan modal di Pinrang,” katanya.

Sementara itu, Saribua Siahaan dari BKPM menyatakan bahwa berinvestasi di Pinrang seharusnya tidak perlu bikin khawatir. “Kami menilai bahwa Pemerintah Pinrang sudah melakukan terobosan luar biasa untuk memudahkan investasi di sana. Pemerintah Pinrang sudah mendapat penghargaan tentang inovasi mereka. Jadi bapak-ibu tidak perlu khawatir,” kata Saribua yang pernah jadi kepala badan promosi penanaman modal di Tokyo ini.

Saribua sepertinya sudah punya informasi awal bahwa di kabupaten berpenduduk 372 ribu jiwa di tahun 2018 ini, terdapat banyak peluang investasi. Pada bidang pertanian, perikanan, perkebunan, pariwisata, kelautan, termasuk peternakan.

Komoditi beragam, mulai dari udang, bandeng, hingga kakao, padi, bawang merah, hingga hamparan kopi robusta yang disebut mempunyai luar areal kebun mencapai 450 hektar.

Dengan panjang pantai mencapai 93 kilometer membentang dari perbatasan Pare-Pare hingga Polman Sulbar, Pinrang punya potensi usaha perikanan budidaya, wisata bahari hingga pembangunan pelabuhan laut atau perikanan tangkap.

Acara di lanjutkan dengan pemutaran video potret peluang investasi di Pinrang yang menggambarkan keunggulan sumber daya alam Pinrang serta kelembagaan yang ada, dilakukan pula penandatangan MoU antara Pemda Pinrang dan Perusahaan Mega Karya Energi untuk pembangkit listrik tenaga air di Paleleng berkapasitas 134 MH serta atau 4 x 33,5 MW.

Testimoni mengagumkan via video juga ditampilkan oleh pihak PT Biota Laut Ganggang yang dibiayai oleh investor asal China serta pabrik pakan PT Malindo Feedmill Tbk.

“Kami PT Malindo Feedmill Tbk merasa senang berinvestasi di Kabupaten Pinrang karena birokrasi perizinan yang tidak rumit dan pelayanan perizinannya pun cepat terutama pada pengurangan biaya retribusi pendirian bangunan,” tulis mereka.

“Terima kasih atas kehadiran dan dukungan bapak-ibu semuanya. Silakan hubungi tim OPD kami. Tugas kami memastikan investasi sehat, aman, mudah dan menguntungkan,” tutup Irwan sebelum berfoto bersama dengan para peserta, masih dengan senyumnya yang khas. (*)



Berita Lainnya

Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

KEGIATAN KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SELURUH PERSONIL DPMPTSP KABUPATEN PINRANG

Update 2019-10-16

Pinrang (11/10/2019), Kegiatan kursus Bahasa Inggris dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk pertemuan kedua dilaksanakan di ruang rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang diikuti oleh seluruh personil Dinas PMPTSP mulai Kepala Dinas hingga staf diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini.

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

DPMPTSP MENERIMA KUNJUNGAN KERJA DARI INSPEKTORAT DAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN WAJO

Update 2019-10-07

Pinrang (4/10/2019), DPMPTSP Menerima kunjungan kerja dari Inspektorat dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wajo diruang rapat DPMPTSP Kabupaten Pinrang, Rombongan terdiri atas 12 duabelas) orang dan disambut hangat oleh Kepala Dinas Andi Mirani dan para Kepala Bidang. Dalam sambutannya Kepala Dinas mengucapkan terimakasih atas kehadirannya dan menerima dengan baik sekiranya ada yang ingin dishare atau ada masukan yang sifatnya membangun untuk memaksimalkan pelayanan,

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

KURSUS BAHASA INGGRIS UNTUK SELURUH PERSONIL DPMPTSP KABUPATEN PINRANG

Update 2019-10-04

Pinrang, (4/10/2019), Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan kualitas pelayanan, tahun ini digelar kembali kursus bahasa inggris untuk seluruh personil DPMPTSP Kabupaten Pinrang, setelah ditahun sebelumnya kegiatan ini sudah pernah dilakukan. Dengan bekerjasama dengan Fantastic English Course sebagai pengajar dalam kegiatan kursus ini diharapkan dapat menambahkan pengetahuan masing-masing personil dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris yang dapat diterapkan dalam berkomunikasi dengan investor asing.

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

KEGIATAN JUMAT BERSIH LINGKUP DPMPTSP KABUPATEN PINRANG

Update 2019-10-04

Pinrang (04/10/2019), Dinas Penanaman Modal dan PTSP melaksanakan kegiatan jumat bersih setiap hari jumat pagi sebelum melakukan rutinitas, setelah sebelumnya Kepala Dinas Andi Mirani beserta Sekretaris membagi lokus tanggungjawab kebersihan untuk masing masing bidang/bagian, Kepala Dinas mengharapkan untuk setiap jumat pagi selanjutnya masing masing bidang dapat memperhatikan lokus kebersihan yang telah ditetapkan.

Baca Selengkapnya

Contact Us

Kompleks Pusat Layanan Publik
Jl. Jend Sukawati No. 40 Pinrang, Sulawesi Selatan, Indonesia
P: 081 356 442 244

Or follow us on social platform

Copyright © 2020 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Pinrang