Berita Terkini DPMPTSP Pinrang

KEGIATAN ONE DAY SERVICE DI KECAMATAN MATTIRO BULU

Update 2019-10-03


Pinrang (1/10/2019), Dalam rangka meningkatkan pelayanan, DPMPTSP melaksanakan program kegiatan One Day Service di Kecamatan Mattiro Bulu, Selasa 1 Oktober 2019. Pelayanan dilakukan dgn menggunakan mobil pelayanan oleh petugas pelayanan. Bentuk layanan yang diberikan adalah pemberian formulir, penjelasan prosedur pengurusan izin yang dibutuhkan, serta penerimaan berkas izin yang siap untuk didaftarkan.



Berita Lainnya

Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

PROSES LAYANAN IZIN PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN PERUMAHAN

Update 2019-09-15

IZIN PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN PERUMAHAN

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Izin Pembangunan Dan Pengembangan Perumahan

1.Persyaratan Pelayanan
1)Mengajukan Permohonan Izin Pembangunan dan Pengembangan Perumahan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp6000,-;

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

LAYANAN TANDA DAFTAR USAHA DAYA TARIK WISATA

Update 2019-09-15

TANDA DAFTAR USAHA
DAYA TARIK WISATA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Daya Tarik Wisata

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Daya Tarik Wisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Daya Tarik Wisata;
4)Fotocopy Identitas Pemilik dan NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
6)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
7)Sketsa Lokasi;
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (khusus untuk perubahan/pergantian) bagi perusahaan yang wajib LKPM;
9)Surat Pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan);
11)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung dengan melampirkan E-KTP); dan
12)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Daya Tarik Wisata dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Daya Tarik Wisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan (harus ada Tim)
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
aDownload di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA
KAWASAN PARIWISATA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Kawasan Pariwisata

1. Persyaratan Pelayanan
1) Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Kawasan Pariwisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp6000,-;
2) Melampirkan dokumen:
a.Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
b.Fotocopy Izin Lokasi;
c.Fotocopy Bukti kepemilikan lahan/tanah;
d.Nomor Induk Berusaha (NIB);
e.Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha kawasan wisata;
f.Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
g.Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
h.Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
i.Sketsa Lokasi;
j.Tanda Terima Penyampaian LKPM (khusus perpanjangan/ pergantian);
k.Keterangan tertulis mengenai Fasilitas yang tersedia dan Jumlah tenaga kerja;
l.Surat pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
m.Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan);
n.Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
o.Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Kawasan Pariwisata dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinyatakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Kawasan Pariwisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2. Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan (harus ada Tim)
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA
JASA TRANSPORTASI WISATA

Sektor Layanan : Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Transportasi Wisata

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Transportasi Wisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy Izin Prinsip Penanaman Modal;
2)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
3)Nomor Induk Berusaha (NIB);
4)Izin Mendirikan Bangunan (IMB) / Bukti perjanjian sewa menyewa bangunan;
5)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Transportasi Wisata;
6)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
7)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
8)Fotocopy SIUAU tidak dalam trayek;
9)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
10)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) bagi perusahaan yang wajib LKPM;
11)Surat Pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
12)Keterangan tertulis mengenai :
a)Perkiraan Kapasitas Jasa Transportasi Wisata yang dinyatakan dalam jumlah kendaraan, kapal, kereta api serta daya angkut yang tersedia;
b)Perkiraan Jumlah Tenaga Kerja;
13)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan) dan Hasil Pemeriksaan Lapangan;
14)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan KTP Elektronik.
15)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Transportasi Wisata dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Transportasi Wisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA
JASA PERJALANAN WISATA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Izin Mendirikan Bangunan (IMB) / Bukti perjanjian sewa menyewa bangunan;
4)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Perjalanan Wisata;
5)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
6)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
7)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) bagi perusahaan yang wajib LKPM;
9)Surat Pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan);
11)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan KTP Elektronik.
12)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA
JASA MAKANAN DAN MINUMAN

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Makanan dan Minuman

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Makanan dan Minuman yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Izin Mendirikan Bangunan (IMB) / Bukti perjanjian sewa menyewa bangunan;
4)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Makanan dan Minuman;
5)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
6)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
7)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (khusus perpanjangan/ pergantian) bagi perusahaan yang wajib LKPM;
9)Daftar kapasitas jumlah tempat duduk/produksi;
10)Surat Pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
11)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan);
12)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan KTP Elektronik.
13)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Makanan dan Minuman dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Makanan dan Minuman dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2. Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan



TANDA DAFTAR USAHA
PENYEDIAAN AKOMODASI

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Penyediaan Akomodasi

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Penyediaan Akomodasi yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Izin Prinsip;
4)Bukti kepemilikan Lahan/Tanah;
5)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha jasa penyediaan akomodasi;
6)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
7)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
8)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
9)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB);
10)Sketsa Lokasi;
11)Tanda Terima Penyampaian LKPM (khusus perpanjangan/ pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
12)Keterangan tertulis mengenai :
a)Perkiraan kapasitas penyediaan akomodasi yang dinyatakan dalam jumlah kamar;
b)Fasilitas yang tersedia; dan
c)Jumlah Tenaga Kerja.
13)Untuk hotel harus berbadan hukum PT.;
14)Surat pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
15)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan)
16)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
17)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Penyediaan Akomodasi dikeluarkan paling lambat 2 (Dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Penyediaan Akomodasi dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2. Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA
PENYELENGGARAAN HIBURAN DAN REKREASI

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Penyelenggaraan Hiburan dan Rekreasi

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Penyelenggaraan Hiburan dan Rekreasi yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Penyelenggaraan Hiburan dan Rekreasi;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan atau Perjanjian sewa menyewa bangunan/kantor/ruangan;
8)Sketsa Lokasi;
9)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
10)Keterangan tertulis mengenai :
a)Fasilitas yang tersedia;
b)Jumlah Tenaga Kerja;
11)Surat Pernyataan tentang keabsahan dan kebenaran dokumen;
12)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (Apabila dipersyaratkan)
13)Surat Kuasa (Apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
14)Pas Foto Pemohon Ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Penyelenggaraan Hiburan dan Rekreasi dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Penyelenggaraan Hiburan dan Rekreasi dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA
JASA PENYELENGGARAAN PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONPERENSI DAN PAMERAN

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Penyelenggaraan Pertemuan,
Perjalanan Insentif, Konperensi dan Pameran

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi dan Pameran yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi dan Pameran;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat usaha;
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
9)Keterangan tertulis mengenai :
a)Fasilitas yang tersedia;
b)Jumlah Tenaga Kerja;
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (Apabila dipersyaratkan)
11)Surat Kuasa (Apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
12)Pas Foto Pemohon Ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi dan Pameran dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konperensi dan Pameran dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan



TANDA DAFTAR USAHA
JASA INFORMASI PARIWISATA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Informasi Pariwisata

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Informasi Pariwisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Informasi Pariwisata;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat usaha;
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
9)Keterangan tertulis mengenai :
a)Fasilitas yang tersedia;
b)Jumlah Tenaga Kerja;
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (Apabila dipersyaratkan);
11)Surat Kuasa (Apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP);
12)Pas Foto Pemohon Ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Informasi Pariwisata dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Informasi Pariwisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan



TANDA DAFTAR USAHA
JASA KONSULTAN PARIWISATA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Konsultan Pariwisata

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Konsultan Pariwisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Konsultan Pariwisata;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat usaha;
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
9)Keterangan tertulis mengenai :
a)Fasilitas yang tersedia;
b)Jumlah Tenaga Kerja;
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (Apabila dipersyaratkan)
11)Surat Kuasa (Apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
12)Pas Foto Pemohon Ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Konsultan Pariwisata dikeluarkan paling lambat 2 (Dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (Satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Konsultan Pariwisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan



TANDA DAFTAR USAHA
JASA PRAMUWISATA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Jasa Pramuwisata

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Jasa Pramuwisata yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Jasa Pramuwisata;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Perjanjian sewa menyewa bangunan/kantor/ruangan;
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
9)Keterangan tertulis mengenai :
a)Fasilitas yang tersedia;
b)Jumlah Tenaga Kerja;
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (Apabila dipersyaratkan)
11)Surat Kuasa (Apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
12)Pas Foto Pemohon Ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Jasa Pramuwisata dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (GRATIS)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Jasa Pramuwisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan



TANDA DAFTAR USAHA
WISATA TIRTA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Wisata Tirta

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Wisata Tirta yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b.Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Wisata Tirta;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Perjanjian sewa menyewa bangunan/kantor/ruangan;
8)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
9)Keterangan tertulis mengenai :
a)Fasilitas dan sarana yang tersedia; dan
b)Jumlah Tenaga Kerja.
10)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan)
11)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
12)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Wisata Tirta dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (RUPIAH)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Wisata Tirta dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan


TANDA DAFTAR USAHA SPA

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Tanda Daftar Usaha Spa

1. Persyaratan Pelayanan
a. Mengajukan Permohonan Tanda Daftar Usaha Spa yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp.6000,-;
b. Melampirkan dokumen:
1)Fotocopy KTP Elektronik (E-KTP);
2)Nomor Induk Berusaha (NIB);
3)Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan beserta pengesahan atau perubahan yang mencantumkan usaha Spa;
4)Fotocopy NPWP Pemilik dan Perusahaan;
5)Fotocopy BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan;
6)Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL, atau izin lingkungan);
7)Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau perjanjian sewa menyewa bangunan/kantor/ruangan;
8)Untuk Rumah Pijat dan Spa melampirkan :
a.Fotocopy Surat Terdaftar Pengobatan Tradisional bagi tenaga terapis;
b.Surat Rekomendasi Penggunaan Peralatan Kesehatan dari Instansi Teknis terkait penggunaan peralatan kesehatan (Khusus Spa);
9)Tanda Terima Penyampaian LKPM (Khusus Perpanjangan/ Pergantian) untuk perusahaan yang wajib LKPM;
10)Keterangan tertulis mengenai :
a)Jumlah sarana yang dimiliki;
b)Fasilitas yang tersedia; dan
c)Jumlah Tenaga Kerja.
11)Rekaman Dokumen Teknis dan Rekomendasi dari SKPD teknis/Kementerian Sektoral (apabila dipersyaratkan)
12)Surat Kuasa (apabila pemohon tidak disampaikan secara langsung) dengan melampirkan E-KTP).
13)Pas foto pemohon ukuran 3x4 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar.

2. Waktu Penyelesaian
Tanda Daftar Usaha Spa dikeluarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak permohonan dengan persyaratan lengkap diterima DPMPTSP dengan rincian waktu layanan sebagai berikut :
1.Proses Penilaian/evaluasi dokumen administrasi dan pencetakan dokumen izin pada DPMPTSP paling lambat 1 (satu) hari kerja.
2.Proses Penilaian/evaluasi teknis dan penerbitan rekomendasi Tim Teknis paling lambat 1 (satu) hari kerja.

3. Biaya Pelayanan
0 RUPIAH (RUPIAH)
4. Prosedur Pelayanan
1.Pemohon mengajukan berkas permohonan di unit pendaftaran
2.Petugas unit pendaftaran menerima dan memeriksa kelengkapan berkas pemohon, berkas yang lengkap akan diberikan tanda terima berkas selanjutnya berkas yang tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
3.Verifikator mengadakan validasi dokumen berkas dan input data, jika dinytakan valid berkas pemohon diserahkan kepada tim teknis.
4.Tim teknis mengadakan peninjauan/pemeriksaan lapangan dengan membuat berita acara pemeriksaan lapangan (BAPL), apabila :
a.Dinyatakan layak, maka diproses lebih lanjut yang dituangkan dalam rekomendasi tim teknis.
b.Dinyatakan tidak layak, maka berkas pemohon dikembalikan disertai surat penolakan.
5.Tim teknis menyerahkan rekomendasi beserta lampiran berupa BAPL kepada verifikator.
6.Verifikator melakukan input data teknis dan menyerahkan berkas pemohon kepada bidang terkait.
7.Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan melakukan otorisasi dokumen Perizinan.
8.Petugas melakukan pencetakan dokumen izin.
9.Sekretaris DPMPTSP melakukan paraf surat izin.
10.Kepala DPMPTSP melakukan penandatanganan surat izin.
11.Pemohon mengambil izin pada unit pengambilan izin.
5. Produk Pelayanan
Dokumen perizinan yang diterbitkan adalah Sertifikat Tanda Daftar Usaha Spa dengan ketentuan sebagai berikut :
1.Dokumen Asli :
-Kertas Putih 200 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
2.Dokumen Salinan :
-Kertas HVS Putih 70 gram
-Ukuran Folio
-QR Code
-Format Bingkai (Kode : DPMPTSP)
-Latar belakang logo Kabupaten Pinrang warna kuning
-Pencantuman besaran retribusi Rp. 0 (Nol Rupiah)
6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
1)Pengaduan Langsung kepada Petugas Pengaduan
2)Pengaduan melalui Telepon ke call center 081356442244
3)Pengaduan melalui aplikasi Android “SITAMPAN” dengan cara :
a.Download di playstore
b.Pilih “Pengaduan Perizinan”
c.Install
4)Pengaduan melalui website www.pmptsp.pinrangkab.go.id
5)Melalui E-Mail : pengaduan.pmptsp@gmail.com
6)Kotak Saran dan Pengaduan

1 TANDA DAFTAR USAHA DAYA TARIK WISATA
2 TANDA DAFTAR USAHA KAWASAN PARIWISATA
3 TANDA DAFTAR USAHA JASA TRANSPORTASI WISATA
4 TANDA DAFTAR USAHA JASA PERJALANAN WISATA
5 TANDA DAFTAR USAHA JASA MAKANAN DAN MINUMAN
6 TANDA DAFTAR USAHA PENYEDIAAN AKOMODASI
7 TANDA DAFTAR USAHA PENYELENGGARAAN KEGIATAN HIBURAN DAN REKREASI
8 TANDA DAFTAR USAHA PENYELENGGARAAN PERTEMUAN, PERJALANAN INSENTIF, KONFERENSI, DAN PAMERAN
9 TANDA DAFTAR USAHA JASA INFORMASI PARIWISATA
10 TANDA DAFTAR USAHA JASA KONSULTAN PARIWISATA
11 TANDA DAFTAR USAHA JASA PRAMUWISATA
12 TANDA DAFTAR USAHA WISATA TIRTA
13 TANDA DAFTAR USAHA SPA

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

PROSES LAYANAN IZIN LOKASI

Update 2019-09-13

IZIN LOKASI

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Izin Lokasi

1. Persyaratan Pelayanan
a.Mengajukan Permohonan Izin Lokasi yang ditujukan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu bermaterai Rp. 6000 ;
b.untuk badan hukum melampirkan dokumen:

Baca Selengkapnya
Lunasi Pajak Dahulu, Urus Izin Sendiri Kemudian

LAYANAN IZIN USAHA KOPERASI SIMPAN PINJAM

Update 2019-09-13

IZIN USAHA KOPERASI SIMPAN PINJAM

Sektor Layanan : Perizinan dan Non Perizinan
Jenis Layanan : Izin Usaha Koperasi Simpan Pinjam

1. Persyaratan Pelayanan

(1)Persyaratan Izin Usaha Koperasi Simpan Pinjam:

Baca Selengkapnya

Contact Us

Kompleks Pusat Layanan Publik
Jl. Jend Sukawati No. 40 Pinrang, Sulawesi Selatan, Indonesia
P: 081 356 442 244

Or follow us on social platform

Copyright © 2020 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Pinrang